Friday 21 February 2014

Beri Komentar Kamu..

Bunga Wijaya Kusuma (The Midnight Lady)




Bunga Wijaya Kusuma emang salah satu jenis bunga yang unik karena cuma akan mekar saat tengah malam dan akan layu ketika pagi hari. Bunga yang termasuk jenis kaktus ini lumayan terkenal loh di masyarakat, apalagi di daerah saya yang masih kental soal hal mitos dan ghaib. Karena menurut banyak orang, bunga ini beda sama bunga lainnya, dan saat mekar juga punya khas bau yang semerbak banget n bikin merinding.

Secara kebetulan juga, semalem pas saya lagi lewat sekitar gang eh lihat bunga ini lagi kuncup. Pas hampir jam 12an saya tengok lagi, eh malahan udah mekar. Jadi sempet saya abadikan nih disini.

Konon sih zaman dahulu para Raja di Indonesia yang mau naik tahta kudu metik bunga Wijaya Kusuma dalam keadaan mekar, supaya saat jadi Raja bisa memerintah dengan baik dan diberkahi dengan karunia yang melimpah. Dan sampe sekarang juga, masyarakat sekitar masih mempercayai hal-hal yang begituan, kalo sampe ada orang yang menyaksikan saat merekahnya bunga ini akan dilimpahi rezeki yang banyak, dan diliputi keberuntungan. bener gak sih ?

Bunga Wijaya Kusuma, Epiphyllum Anguliger merupakan salah satu ordo dari kaktus, masuk pada divisi Anthophita, berkebangsaan Opuntiales, dan kelas Dicotiledonae. Dan tumbuhan ini biasanya tumbuh di tempat berkarang, jadinya subur di daerah Nusakambangan Cilacap, di kepulauan seribu Jakarta, tapi banyak juga loh yang emang sengaja menanamnya sebagai hiasan di halaman rumah.

Sebenernya sih mau percaya gak percaya sama hal kayak ginian, tapi karena udah jadi dongeng turun temurun ya ambil sisi positifnya aja. Jangan malah dipercayai sebagai iman, tapi percaya aja kalo Tuhan selalu memberikan kita keberuntungan. Nah beruntung karena bisa lihat bunga yang unik kayak gini misalnya.

Kalo saya sendiri emang udah pernah beberapa kali lihat bunga Wijaya Kusuma ini, tapi sebelum-sebelumnya cuma ada satu bunga. Nah kali ini beruntung banget saya bisa lihat satu pohon bisa nyampe berbunga 11 biji. Nih foto-foto yang berhasil saya abadikan.








0 komentar: