Saturday 8 February 2014

Beri Komentar Kamu..

Menuju Ke GOLPUT !!






Kenapa Golput ? karena golongan putih itu better than golongan hitam. Biasanya, putih itu orang baik, trus hitam itu jahat. Yah, gak jauh beda sama Bawang Merah dan Bawang Putih, kan yang merah itu jahat. Hahaa...

Tapi karena bahasan kali ini adalah politik, saya tegaskan saya gak menjelek-jelekkan partai yang berwarna putih, merah atau hitam (ada partai warnanya item ?). Kalo ngomongin politik trus ada kata-kata golput, maksudnya ya pasti kagak ikut partisipasinya. Golput sendiri artinya kagak mendukung pihak manapun, artinya orang yang golput adalah orang Netral, bukan orang Dewa 19, atau orang Edane. dan karena netral itu adalah seimbang, jadinya itu bagus.

Tapi, kenapa mesti Golput sih ?

Trus kalo misalnya kita gak Golput, apa untungnya sih ?

Yah, kalo ditanya kayak gitu yah bingung juga saya jawabnya. Soalnya kedua hal itu adalah hak asasi manusia yang kagak bisa dipaksakan. Disuruh milih di pemilu yang dikatakan ‘’wajib” juga nggak tahu “dosa” enggak sih kalo nggak milih. Soalnya kita mau disuruh buat mendukung salah satu diantara pihak yang lagi bermusuhan. Dan pastinya kita enggak tahu mana yang bener dan mana yang salah. Karena saat politik tiba, pasti ada beberapa pihak yang tadinya akur, karena beda pendapat jadinya musuhan.

Alasannya, karena kita gak tahu mana diantara mereka yang bener.

Oke, sebentar lagi kan tanggal 9 April Indonesia mau ada pemilu legislatip, dari DPD, DPRD, sampe DPR. Untuk sementara kita kesampingkan dulu si golput ini. Pemerintah menyuruh kita buat berpikir pinter siapa yang seharusnya kita pilih nanti, biar enggak salah pilih dan menambahkan jumlah orang kagak berguna di pemerintahan.
Tapi mana ada sih orang yang mau bikin riset buat menyelidiki semua calon legislative yang mana yang bener. Pemerintah nyuruh kita buat repot-repot kayak gitu, dan mereka sendiri enggak mau repot ngadain seleksi buat calon legislative itu. Kalo misalnya sebelum jadi ‘çaleg’ diadain juga ‘calon caleg’ kan udah pasti yang jadi caleg semuanya berkualitas. Jadi mau pilih yang mana aja nantinya kagak bakal ada lagi anggota legislatip yang cuma nongkrong doang di sana-sini dan dapet duit dari rakyat.

Antusias masyarakat buat pemilu masih minim banget soalnya, karena mungkin mereka tahu siapapun yang dipilih nantinya juga gak ada bedanya sama yang kemaren. Kalo elo mengalami pemilu tahun 1999 dulu, ngerasain gak atmosphere-nya. Beda banget kan sama sekarang, dulu itu kampanye aja ramenya luar biasa. Masyarakat berbondong-bondong pengin ikut, karena merasa hebat bisa ikutan pemilu. Kenapa sekarang enggak kayak gitu ? kenapa sekarang banyak yang ke golput ?

Setelah saya telusuri sejauh mungkin, ada beberapa keuntungan dan alasan banyak orang yang menuju ke golput.

Peace
Karena mereka merasa lebih damai tanpa beban, tanpa memihak manapun, dan mereka enggak mau urusan sama pemerintahan. Dan berharap pemerintah juga nggak usah urusan sama dirinya. Mau mereka kaya, makmur, miskin, sengsara, mereka tetep kagak mau minta bantuan sama Pemerintah. Karena hidup mereka udah at peace…

Respect
Karena mereka menghormati para pendahulunya yang ikut aliran putih. Saat masih kecil, mereka diajari sama orang tuanya ‘nanti kalo ada anak-anak yang lagi berantem, kamu harus bisa melerai mereka. Jangan malah ikutan berantem’ gitu deh. Akhirnya kebawa sampe dewasa. Tunggu dulu, emang beneran para peserta pemilu itu berantem, bukannya bertanding ? Mungkin lebih tepat kalo elo melihat pertandingan sepak bola, kan mereka bertanding di lapangan, mungkin habis selesai pertandingan baru berantem kali iya.
Kalo di ibaratkan sama pertandingan sepak bola juga kayaknya kurang pas yah, mungkin lebih cocok kalo sama Indonesian Idol. Kan nantinya yang jadi pemenang adalah yang dapet polling sms paling banyak, bukan yang emang the best.

Unity
Karena emang mereka membuat suatu kumpulan para golongan putih, dan mereka sepakat tidak memihak manapun. Dan hanya bertujuan untuk jadi wasitnya.

Ribet
Nah, ini kayaknya yang lumayan dominan jadi alasan. Hidup mereka aja udah ribet, disuruh nambah lagi keribetan wktu pemilu. Soalnya pemilu sekarang kan gak easy interface banget. Udah si ‘caleg’ kagak ada fotonya, trus sekali masuk tps nyoblosnya 4 kali. Bayangin aja, yang buat DPR kan ada 3 kertas. DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, Sama DPR RI. Satu kertas aja, isinya ada 12 Partai (kecuali D.I. Aceh), nah tiap Partai ada sekitar sepuluh calon. Jadi satu kertas kita mesti milih diantara seratusan calon kan. Kalo orang tua, atau yang kagak tahu kan nantinya bukan milih si ‘caleg’ malah yang dicoblos partainya. Rugi deh tuh Caleg yang udah kampanye sana-sini, udah ngeluarin duit banyak.
Kenapa Pemerintah bikinnya ribet banget sih, masa’ dari ribuan orang di pemerintahan sono kagak ada yang bisa nemuin solusi Pemilu yang Praktis ? Katanya disono tempatnya orang-orang pinter, apa cuma pinter bohong ?

Nyesel
“Wah brengsek, dulu gue dikasih duit sepuluh ribu suruh milih dia, eeeh sekarang dia malah korupsi sepuluh milyar. Mending kalo ada orang yang kasih duit, terima aja tapi gue kagak mau milih. Kagak bagi-bagi hasilnya sih dia sama yang milih dulu.” Akhirnya Golput deh tuh orang.

Have No Choice
Karena gak punya pilihan, ya enggak milih. Karena kayak disuruh buat milih penting mana istri tua atau istri muda. And Golput is also a choice, my choice, so do not disturb me unless u give me more money than him and than her !!

Lain-lain
Kesimpulannya, ada banyak banget alasan kenapa kita golput. Setelah saya menjelaskan alasan-alasan tersebut sama orang tua, saya kok malah dimarahi. Kenapa sih ? (curhat dikit)
Karena alasan adalah hal yang paling rentan membuat kita jadi lemah, jadi kagak usah banyak alasan, kagak usah banyak ngeluh, dan kagak usah kebanyakan ngomong ini-itu yang kagak jelas.

0 komentar: