Sunday 9 February 2014

Beri Komentar Kamu..

Soeharto “The Most Powerfull” Presiden



Kagak mungkin banget dilupakan, dan kagak mungkin di abaikan. Jendral Besar TNI Purn. Haji Muhammad Soeharto yang lahir di Dusun Kemusuk, Desa Argomulyo, Kecamatan SedayuBantulYogyakarta8 Juni 1921 adalah Presiden kedua Indonesia yang menjabat setelah kejatuhan Presiden Soekarno pada 20 Februari 1967. Beliau berkuasa dari tahun itu sampe 1998. Sebagai Presiden terlama di Indonesia, pastinya ada dong suka dukanya rakyat saat beliau berkuasa.

Sukanya ?

Kalo elo dulu mengalami hidup saat masa pemerintahannya ya pasti tahu dong perbedaan sama sekarang. Dulu hidup itu adalah hidup, banyak banget orang yang bisa hidup damai. Dikatakan makmur ya emang bener kan, beda banget sama sekarang yang hidup itu adalah tinggi dan rendah.
Orang yang tinggi ya biasanya tetep tinggi, dan yang rendahan makin rendah aja. Dikatakan peace bisa juga, soalnya jaman dulu kagak ada yang namanya demo, kerusuhan, dan perselisihan di pemerintahan. Soalnya pada takut semua, masih inget kan kata-kata ABRI masuk desa ? siapa aja yang bikin masalah, langsung ilang. Bahkan yang baru punya niat mau bikin masalah aja, udah bisa ketahuan. Yang saya saluti adalah pemerintahan itu tegas dan dihormati sama masyarakat, nggak kayak sekarang yang malah pemerintahan selalu dipandang miring sama masyarakat. Bahkan pada masa emas kekuasaannya, Pak Harto berhasil membawa Republik ini menjadi negeri yang diperhitungkan sama negeri dan bangsa lain. Pertumbuhan ekonomi cukup fantastis sehingga Indonesia disebut sebagai salah satu macan Asia, after Chine and Japan. Di kawasan regional pun Soeharto disegani banget. Negeri-negeri tetangga pada hormat sama harkat dan martabat bangsa. Di dunia internasional, especially di Dunia Barat, Soeharto dikenal dengan sebutan populer “The Smiling General” karena raut muka Soeharto yang always tersenyum. Tapi di balik senyum itu tersimpan sesuatu hal yang sanggup membuat takut lawan-lawan politiknya. Kagak banyak informasi yang bisa digali dari Soeharto karena media massa di masa kekuasaannya dibungkam. Cuma hal-hal positif aja yang terkuak di khalayak, selebihnya enggak. Di Indonesia sendiri, Pak Harto dijuluki “Bapak Pembangunan” karena berhasil membawa Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Indonesia juga pernah mendapat penghargaan sebagai negara yang sukses dalam swasembada pangan, sehingga FAO (Food and Agriculture Organization) memberi penghargaan yang tinggi atas prestasi tersebut. Model pembangunan yang dirancang Soeharto dilakukan secara bertahap, model pembangunan ini dikenal dengan nama “Repelita (Rencana Pembangunan Lima Tahun)”. (sumber : Kompasiana)

Kestabilan Nasional juga hebat pada masa beliau memerintah, soalnya kan media massa dibatasi. Hal-hal tentang gossip ya kagak ada, apalagi kaum Pemerintah, artis aja masih sepi gossip dulu. Bayangin aja sekarang, Gubernur DKI aja malah sering nampang di Infotainment, aib para pejabat juga bisa langsung kecium tuh sama paparazzi-nya Indonesia. Jadinya para pengganggu kestabilan Pemerintahan ya kagak ada yang berani, kagak ada ampun buat orang yang mau jadi teroris apalagi yang cuma mau protes sama Undang-undang.

Dukanya ?

Ya pasti disetiap suka selalu ada duka. Kayak yang satu ini juga ada, beberapa diantaranya yang paling teringat ya keterbatasan dalam berkreasi. Elo pernah nggak jalan-jalan ke Jogja di deket tugu. Kalo elo lihat di tembok situ, banyak banget poster maupun grafik yang isinya mengganggu banget sama pandangan. Bayangin aja, yang saya pernah lihat adalah gambar polisi yang ada tulisannya ‘terima duapuluh ribuan’ haha.. polisi situ emangnya pengemis ? malah kayak preman aja yang dapet jatah kayak gitu. Dan lain sebagainya. Kalo zamannya Pak Harto ya yang nulis langsung ilang orangnya. Bang Iwan Fals aja pernah nongkrong di prodeo gara-gara nyanyi lagu kritis sama pemerintah kok. Pokoknya kehidupan elo kagak sebebas yang sekarang, khususnya kalo elo mau coba ganggu kestabilan nasional. Apalagi kalo elo tukang gossip sama tukang ngeluhin pemerintahan, langsung deh tetangga elo kagak ada yang tahu dimana keberadaan dan nasib elo.

Dan yang lebih fenomenal lagi adalah KKN, Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Tapi itu udah agak mendingan sekarang soalnya udah diganti lagi bukan KKN, tapi KPE. Korupsi (masih tetep), Polusi, dan Erotisme. Hahaaa…

Elo tahu nggak, kalo seluruh warga Negara Indonesia sekarang dihargai sekitar 12 juta rupiah perkepala kalo mau lunasin utang Negara. Yah itu, hasilnya pembangunan yang luar biasa masa Pak Harto dari utang luar negeri. Sampe sekarang buat bayar utang itu aja kita masih belum sanggup, da nada kemungkinan utang kita nambah terus tiap tahunnya. Soalnya Pak Harto kagak setuju sama prinsipnya Bung Karno yang mau bangun Negara pake prinsip berdikari. Berdiri dengan kaki sendiri, beliau maunya bangun Indonesia sehebat mungkin biarpun mesti pake cicilan kredit tunai.


Meskipun begitu semua, kita masih patut bangga dong sama Pak Harto, soalnya beliau adalah The Most Powerfull Presiden di Negara kita tercinta yang belum pernah ada lagi, dan gak mungkin ada lagi yang sanggup memerintah Negara sehebat seperti beliau.

0 komentar: