Saturday 8 February 2014

Beri Komentar Kamu..

Magic Entertainment Mentalist vs Hypnotist






 Mana diantara dua itu yang menurut kamu lebih menarik ? Mentalist atau Hypnotis ? mungkin ada beberapa yang lebih suka pertama, dan beberapa lagi yang kedua. Di dunia Entertainment sendiri kan lagi booming banget nih kedua jurusan ini. Di acara tv sendiri juga lagi laris tuuh, bahan di salah satu stasiun tv ada malah acara yang khusus buat para magician, yaah kayak idolnya gitu lah. 

Kalo kamu pecinta dunia ini pasti udah nggak asing lagi sama nama Deddy Corbuzier, yah pria yang sekarang plontos ini seperti Bapaknya para Magician di Indonesia. Jujur aja saya lumayan suka sama nih orang, yah soalnya mungkin Cuma satu diantara seribu orang yang bisa kayak dia. Smart, n Charming. Deddy ini berhasil membuat dunia Magic yang dulunya agak burem jadi salah satu hal yang entertaining banget. Kalo di dunia Hypno juga pastinya tahu dong sama Romy Rafael yang katanya Masternya di bidang ini. Kira-kira kalo diadu nih dua orang siapa yang menang ya ?

Tapi bukan mereka yang bakal kita telaah disini, yang mau saya masukkan dalam konteks adalah dunianya. Hebatan mana sih sebenernya ?

Kalo dibilang hebatan mana juga agak kurang pas yah, ibaratnya kayak elo ngadu ayam sama ikan suruh lama-lamaan nyelam, trus babak keduanya suruh ikan sama ayam lama-lamaan lari. Nah, itu dua hal yang beda sebenernya. Perlu diketahui dulu, sebenernya apa sih Magician itu, apa sih Mentalist, apa sih Hypnotist ?
Magic itu ya artinya sulap, dan magician juga artinya adalah pesulap. Itu versi simplenya, kalo harfiahnya magic itu seperti memanipulasi sesuatu agar terlihat menjadi sesuatu yang tak masuk akal. Mentalist ? mental itu ya batin, list itu daftar, jadi mentalist ya daftar batin. Hahahaa… bukan itu kok, Anda tahu ESQ, yaitu Emotional Spiritual Quo yang maksudnya keseimbangan antara fungsi otak dan kejiwaan. Kalo seseorang bisa menyeimbangkan fungsi antara otak kanan dan kiri, dia pasti akan bisa melakukan sesuatu yang luar biasa. Nah mentalist itu orang yang mampu mengoptimalkan hal itu, pikiran dan kejiwaan yang mampu membuat hal yang tak masuk akal. 

Untuk Hypnotist juga orang yang mampu mempraktekkan ESQ tadi, Cuma dia menggunakan kemampuannya untuk bisa mempengaruhi orang lain dengan mengirimkan sesuatu sejenis sinyal yang bisa ditangkap oleh korbannya.

Sebenernya Magic itu ada kaitannya sama gaib gak sih ?

Kalo kayak gitu pertanyaannya, perlu elo tahu kalo gaib itu berasal dari bahasa Arab sono yaitu Mughiban yang artinya tidak tampak. Atau kalo di Negara kita kata gaib itu lebih sering dianggap berbau mistis (ke-jin-an, ke-setan-an, ke-hantuan-an). Ada beberapa orang yang masih menganggap kalo dunia Magic seperti meminta bantuan dari jin dalam setiap aksinya. Kalo menurut beberapa Magician sendiri sih gak bener, itu semua murni karena latihan. Tapi beneran manusia bisa terbang, bisa ditusuk-tusuk kagak mati ?, bisa kebal sama benda tajam ? soalnya kalo ditempat saya ada tuh ilmu debus, trus ada juga beberapa orang yang bisa kebal setelah melakukan ritual ini itu.
Mungkin bisa jadi juga, soalnya kalo anda tahu ilmu kungfu, ilmu itu memaksimalkan tenaga yang ada dalam tubuh. Katanya kebanyakan manusia cuma mempergunakan kurang dari 10% tenaga. Kalo bisa gunain sampe 40% aja kita bisa menjebol tembok beton cuma sekali pukul. Trus caranya gimana tuh ? gua juga kagak tahu. Malah beberapa orang kagak percaya. Kenapa kagak percaya ? karena kebanyakan orang itu memandang segala sesuatu cuma sebatas apa yang dia mampu. Jadinya banyak orang yang menganggap semua orang itu gak jauh beda sama dirinya. Padahal kalo kita pake logika sederhana jadinya gini, misalnya seberapa cepet elo bisa ngitung 2+4x40:8+5 ?

Setelah pake kalkulator atau corat-coret dikit hasilnya ketemu 35 itu buat orang yang mikirnya lempeng, kalo orang yang jenius hasilnya 27. Nah kalo misalnya hitung itu diluar kepala bisa semenit, pastinya ada dong orang yang cuma lihat bisa langsung tahu hasilnya. Trus seberapa kuat beban yang bisa elo angkat pake satu tangan ? kalo elo kuat sampe 10 kg, pastinya ada dong yang bisa sampe puluhan, malah ada juga yang gak sampe. Dilihat dari itu semua, kesimpulannya adalah semua orang itu gak sama. Dan kalo dilatih,dan tahu caranya bisa drastic banget perbadaannya sama elo.

Jadi mungkin aja ada orang yang bisa ngitung itung-itungan sampe puluhan digit cuma beberapa detik diluar kepala, dan kemungkinan juga ada orang yang sanggup memaksimalkan kekuatannya sampe ke hal yang elo gak pernah bayangin. Dan sama kayak itu, dunia magic itu sesuatu yang beyond our imaginary kecuali kita tahu cara dan gimana.

Menarik mana ?

Kembali lagi, mana yang lebih menghibur diantara itu. Sejauh ini sih yang saya lihat di tv kalo mentalist mentok-mentoknya nebak apa yang orang tulis, nebak kartu, trus kalo hipnotis cuma nidurin orang, trus disuruh ini itu.

Kita bahas Mentalism dulu. Tahu gak sama Limbad yang nongol di acara punya Deddy Corbuzier The Master, yang mengikuti aliran Fakir Magician. Aksinya di tv dulu pertama kali banyak banget bikin orang kagum. Tapi kok lama-kelamaan cuma makan paku, mbengkokin besi, digiling mobil dan sebagainya. Trus si Joe Sandy, karena dia mendapat gelas The Master Numberic, yah isinya cuma nulis angka di board trus dijumlah kanan-kiri, atas-bawah. Kalo Romy Rafael yah paling-paling buat orang jadi tidur trus disuruh ini itu, sampe yang phobia uler bisa megang-megang kayak kagak takut gitu. Tapi mending, bayangin aja Uya Kuya, malah bikin acara yang hipnotis orang suruh buka-buka aibnya didepan tv. Herannya acara itu kok kayak laris gitu sih ?

Kalo sekarang Deddy Corbuzier bikin acara lagi The Next Mentalist. Menarik emang sih, tapi kok dari hari ke hari yang ditampilin sama pesertanya kagak beda. Yang jago memory ya cuma nginget sesuatu, trus yang escapologist juga cuma nglepasin diri dari rantai, dan lain-lain. Meskipun ada beberapa yang tekniknya beda, apa emang karena latihan mereka dulu cuma itu-itu aja ? kalo menamai dirinya itu ya cuma bisa itu ?

Sebenernya kalo menurut pandangan saya sih, sehebat apapun orang melakukan sesuatu kalo gak di approve sama orang lain ya gak hebat. Jadi biarpun elo cuma bisa melakukan sesuatu hal yang sederhana, kalo bisa membuat orang tertarik baru itu namanya hebat.
Kalo saya misalnya bisa ilmu hipnotis, saya mau buat pertunjukkan hipnotis orang, lalu orang yang terhipnotis itu bisa menghipnotis orang lagi, dan seterusnya jadi berantai gitu. Belum pernah kan tuh ? trus kalo bisa nebak kartu, saya mau suruh orang kocok 52 kartu secara acak, trus saya tebak deh satu-satu dari yang diambil tiap orang. Kalo saya bisa kayak Limbad, ya saya mau kasih pertunjukkan yang theatrical, misalnya saya dihadang sama 10 orang yang badannya gede2 trus dibacokin tapi kagak mempan, dan sebagainya.

Intinya baik mentalism sama hypnotism mau menarik apa enggak, itu semua tergantung sama yang membawakannya. Kalo tiap kali show cuma kayak gitu-gitu aja, mau sehebat apapun ya pastinya orang yang tadinya terkagum-kagum malah jadinya bosen. Kasih dong variasi tontonan yang bisa bikin Entertaining, jangan cuma pamer kemampuan doing. Karena kedua hal itu mau buat Entertainment ya sebisa mungkin kasih yang bervariasi dan berbeda, trus yang pastinya se interesting mungkin.

0 komentar: