Wednesday 22 October 2014

Beri Komentar Kamu..

Suka Duka Prakerin SMK


Tahu gak ?

Tentang apa sih yang membedain antara SMK atau Sekolah Menangah Kejuruan sama SMA biasa ? Yap, selain mata pelajaran sama kurikulumnya beda, ada lagi yang bikin beda yaitu Praktek Kerja Industri atau sering disingkat Prakerin, ada juga yang bilangnya PKL atau Pedagang Kaki Lima.

Bukan itu, tapi Praktek Kerja Lapangan. Jadi ntar kerjanya di lapangan, kalo bukan tukang golf ya mentok sales canvasing. Bukan itu juga, tapi Prakerin atau PKL itu adalah salah satu syarat para anak SMK biar bisa ikutan UN di akhir tahun ketiga nantinya.

Lalu, apa aja sih biasanya yang dilakuin pas Prakerin itu ?

Biasanya Prakerin itu dilakukan setelah siswa SMK jurusan apa aja udah masuk ke tahun kedua, kalo siswa otomotif ya prakerin di bengkel atau di assembly, kalo siswa akuntansi ya di kantor-kantor, kalo komputer ya ditempat komputeran.

Biasanya kalo ditanya disana kerjaannya ngapain ? dan bahkan mungkin ada yang kepikiran kalo prakerin itu yah kayak mereka itu disuruh kerja ngelakuin tugas ini itu sesuai sama jurusannya.

Nggak gitu banget kok, malahan kebanyakan cuma jadi pesuruh sementara yang bebas honor, bahkan kadang ada yang mbayar malah.

Mungkin kalo anda itu masih siswa SMK yang belum mengalaminya bakalan mikir cari tempat prakerin yang nantinya bisa nambah skill. Coba aja cari, nggak salah kok. Tapi juga nggak banyak tempat yang kayak gitu, kalo mau nambah skill ya di BLK aja, atau tempat kursusan.

Sebenernya tujuan dari Prakerin itu biar anak SMK lebih tahu dulu sama dunia kerja, jadi dia tahu gimana rasanya kalo yang marahin dia yang nyuruh-nyuruh ini itu bukan cuma guru di sekolah, tapi ada yang namanya senior, atasan, sama bos yang dimana-mana punya hukum yang berisi 2 pasal yang gak bisa ditentang.

Pasal 1 Bos selalu bener dan gak pernah salah
Pasal 2 Kalo bos sampai melakukan kesalahan, inget-inget pasal 1.

Tujuan utamanya sebenernya gitu, ntar juga ngalamin diskriminasi kalo seniornya jahat, kalo seniornya baik ya jadi nambah ilmu and pengalaman pastinya. Kan siswa SMK dididik buat jadi lulusan yang siap kerja, beda sama siswa SMA yang isinya cuma study.

Nah, masalahnya biasanya siswa SMK itu akan antusias saat menjelang Prakerin. Kalo misalnya dibikin grafik ada 3 jenjang di tiap bulannya.

Bulan 01
Anda akan merasakan kebebasan karena udah gak lagi dilingkungan sekolah yang isinya tugas, tugas, tugas, materi, materi, praktek, guru, guru, guru, dan sebagainya yang bikin pusing. Pokoknya di fase ini anda akan merasakan betapa bebasnya udah keluar dari atmosfer sekolah yang bikin bete tiap pagi sampe sorenya.

Bulan 02
Nah di fase ini akan mulai terbiasa sama lingkungan Prakerin, jadinya biasanya hal-hal yang berbau sekolah udah pada lupa nih disini. Udah masa bodoh sama materi, tugas dan sebagainya. Kebanyakan kalo tempat kerjanya dipenuhi sama orang-orang yang baik akan mulai merasa betah. Kalo yang dipenuhi sama orang-orang jahat ya, itulah dukanya.

Bulan 03
Fase inilah yang jadi puncaknya. Percaya nggak percaya, anda akan mulai merasa kangen sama dunia pas sekolah dulu. Biarpun banyak tugas numpuk, banyak materi yang kagak nyambung di otak, dan banyak guru yang sering marah-marah. Tapi biarpun dikit, bahkan secara nggak sadar dibulan terakhir ini udah ada rasa kangen sama suasana di sekolah.

Bisa jadi kangen sama temen-temen yang dulu tiap hari bareng, kangen sama guru yang cakep, kangen sama orang yang didemenin, dan sebagainya.
Bahkan kalo udah mau minggu terakhir kelarnya Prakerin, pasti jadi males-malesan kalo disuruh kerja.

Sukanya,
Yah pastinya jadi tahu dunia baru yang mungkin kasih wawasan sama pengalaman. Dan juga pastinya ada temen baru, sukur-sukur yang cakep n baik hati.

Dukanya ?
Kalo dibilang duka sih, mungkin kagak bakal kerasa kalo anda mengalami banyak hal yang berkesan. Cuma biasanya dukanya adalah kita jadi lebih capek, sering bingung pas pertama dateng, apalagi kalo dateng kesitu sendirian dan gak ada temen yang dari satu sekolah, pasti clingukan kayak orang ilang.

So, Prakerin itu bukan cuma praktek kerja biar nambah skill selama praktek di sekolah. Tapi itu biar siswa SMK paham lebih dulu tentang dunia kerja yang mungkin mereka hadapi sekitar dua tahun kemudian.

Kalo anda siswa SMK, cari dong tempat Prakerin yang kira-kira bisa bikin betah dulu. Baru kalo bisa yang sedikit berkualitas biar nambah ilmu yang kagak didapetin dari guru yang tiap hari nangkring di sekolah.

Have a good try

0 komentar: