Thursday 25 December 2014

Beri Komentar Kamu..

Tradisi Aneh Tahun Baru

Gak Cuma Sekali - Tradisi Aneh Tahun Baru
Waah, gak kerasa udah mau tahun baru lagi nih. Nah kali ini GCS bakal ngasih info menarik seputar tahun baru dari berbagai negara.
Lets check it out !!

12 Butir Anggur (SPANYOL)
12 Anggur sebagai tradisi tahun baru yang menandakan keberuntungan di setiap bulan tahun yang baru

"LAS DOCE UVAS DE LA BUENA SUERTE " artinya 12 buah anggur yang membawa keberuntungan. Hal ini sudah berlaku di Spanyol saat 12 detik sebelum tepat jam 12 malam pas malam tahun baru pastinya dong. Mereka bakal makan anggur itu satu persatu di tiap detik sampe bel tahu baru berbunyi, dan berharap akan ada keberuntungan di tiap bulan yang bakal dilalui di 12 bulan di tahun mendatang.

108 Dentang Lonceng ( JEPANG )
Membunyikan bel tahun baru sebanyak 108 kali dan membuat 108 dentang sebagai pengusir dosa dan kejahatan di Jepang

Nah kalo negeri Sakura punya cerita tersendiri disini, orang-orang Jepang akan mendengar bunyi lonceng dari masing-masing kuil sebanyak 108 kali sesuai kepercayaan Budha buat ngusir kejahatan dan dosa (katanya) manusia. Dan makin unik lagi mereka akan mengenakan kostum sesuai sama shio di tahun baru itu, misalnya aja pake baju kambing sambil nabuh lonceng yang ukurannya gede sebanyak 108 kali.

Serba Bulat ( FILIPINA )
Di Filipina, tahun baru dirayakan dengan membuat semua benda bulat dan bewarna merah

Nah kalo di negaranya mas Bautista agak beda, disono semua hal bakalan bertema bulat, mulai dari makanan, buah, meja, perabotan, sampe pola baju segala. Hal itu dipercayai membawa keberuntungan buat menyambut tahun yang baru.

Pakaian Dalam Full Color ( MEKSIKO )
Salah satu tradisi unik pada saat tahun baru di Mexico adalah wanita mengenakan celana dalam penuh warna

Nah yang ini makin aneh lagi, jadi di negara Meksiko sono para cewek bakal mengenakan pakaian dalam yang penuh warna saat perayaan Tahun Baru. Kalo gak percaya lihat aja sendiri, tapi bukan itu. Mereka percaya kalo warna yang mereka kenakan bakal membawa hal-hal yang jadi ciri dari warna itu. Merah artinya cinta, kuning artinya kaya, putih artinya sehat, dan seterusnya.

Koper Kosong ( Columbia )
Tradisi unik di Kolombia dimana orang-orang Kolombia saat Tahun Baru akan berlari mengelilingi blok dengan koper kosong

"Maleta Vacia " orang-orang di Columbia ini bakal membawa koper kosong dan berlari mengelilingi blok-blok kota. Harapanya sih (mungkin) biar di tahun yang mau dateng koper-koper itu bisa keisi penuh sama kebahagiaan.

Pecahin Piring ( DENMARK )
Memecahkan barang pecah belah di pintu teman sebagai salah satu tradisi aneh dan unik di Denmark

Orang-orang di Denmark bakalan mecahin piring-piring mereka di depan pintu rumah teman ataupun sahabat. Itu bertanda bahwa mereka selalu perhatian dan jadi teman yang setia. Jadi semakin banyak pecahan piring di depan pintu rumah seseorang, maka akan semakin bangga dia karena punya banyak teman. Tapi gak cuma terbatas sama piring aja, kadang ada juga yang mecahin cangkir, gelas, mangkuk sama barang pecah belah lainnya.

First Step ( SCOTLANDIA )
Di Skotlandia, tradisi tahun baru yang aneh dan unik adalah pengunjung pertama harus tinggi dan berkulit hitam

"FOR AULD LANG SYNE " adalah lagu klasik dari Scotlandia yang dinyanyikan bareng sama parade dengan tombak berayun atau tiang berapi yang dipercaya bakal membuat tahun mendatang akan lebih baik. Dan di tiap rumah, maka akan ada tema pijakan pertama harus dari orang yang gede, tinggi, dan hitam yang membawa batu bara, kue, garam, sama wisky yang berasal dari tradisi Viking jaman dulu dan akan menghindari pengunjung yang rambutnya pirang.

So, apa sih artinya tahun baru itu ?

Yang pasti, tahun dimana kita semua orang di Bumi akan beranjak meninggalkan tahun yang lama dan pastinya nambah tua dikit. Terserah mereka yang mau ngerayaain model apapun, atau malah ada yang mengharamkan perayaan itu, atau ada yang kagak peduli. Tapi kalo positif kenapa enggak.

0 komentar: