Monday 22 December 2014

Beri Komentar Kamu..

Misteri Kuno Yang Terlupakan Dunia


Gak Cuma Sekali - Misteri Kuno


Kembali lagi GCS, kali ini kita bakalan bahas ada beberapa misteri di dunia yang udah jauh dilupakan sama orang. Mungkin emang ada beberapa alasan, mulai dari aksesnya yang sulit, atau emang bener-bener udah gak bisa di pecahkan lagi sama para ilmuwan hebat sekalipun. But, lets try to figure it out here...

1. Misteri Rongorongo

Hieroglyph ? kayaknya hampir mirip, tapi bukan. Itu adalah Rongorongo yang ditemukan di pulau Paskah atau Easter Island. Yap, pulau ini emang punya banyak banget misteri terutama tentang Moai dan sebagainya. Nah Rongorongo ini katanya sih emang sebuah tulisan bangsa kuno yang diperkirakan muncul di sekitar 1700an dan entah kenapa sampai sekarang gak dipakai lagi. Bahkan sampai sekarang para peneliti masih belum bisa menyimpulkan apa sebenernya arti tulisan itu, yang bahkan jauh lebih sulit dari kriptografi modern saat ini. Meskipun masing-masing dari karakter itu kalau diperhatikan bakal membentuk sesuatu yang cukup familiar bagi kita.
Cuma, tetep aja masih begitu membingungkan karena keterkaitan antara bangsa maupun kaum Oceania yang menggunakan bahasa tulisan pada zaman itu. Dan sampai sekarang masih misterius dan bahkan mulai diabaikan karena belum terpecahkan.

2. Helike The Lost City

Pada akhir abad kedua Masehi, penulis Yunani, Pausanias menulis sebuah cerita tentang bagaimana (4-500 tahun sebelumnya?) di satu malam ketika gempa kuat menghancurkan kota besar Helike, dengan Tsunami yang menyapu habis apapun yang ada di kota besar yang pernah maju tersebut. Kota tersebut, ibu kota dari Achaean League, adalah pusat ibadah yang dibaktikan sama dewa Poseidon.
Gak ada jejak masyarakat legenda yang disebutkan diluar tulisan-tulisan Yunani kuno sampai tahun 1861, ketika seorang arkeolog menemukan uang yang dianggap berasal dari Helike – sebuah koin perunggu dengan kepala Poseidon. Pada tahun 2001, sepasang arkeolog berusaha menemukan reruntuhan Helike di bawah lumpur dan kerikil-kerikil pesisir tersebut, dan saat ini sedang menggabungkan antara bangkit dan kejatuhan mendadak apa yang sebenernya sudah terjadi di Atlantis “sebenarnya.”


3. Carnac Stones

 
Sudah pernah denger tentang Stonehenge ? Batu ukuran raksasa di pulau paskah yang berbentuk muka yang sampai sekarang masih jadi mistery kenapa, dan bagaimana ? Nah kayaknya cuma sedikit yang kenal sama batu carnac. Ini adalah gugusan batu megalithic yang tersusun begitu rapi sebanyak 3000 buah sepanjang 12 kilometer di pesisir Britania arah barat laut Perancis. Banyak banget misteri tentang batuan ini, mulai dari tentara Romawi kuno yang diubah jadi batu sama penyihir Merlin. 

Ada juga ilmuwan yang mengumumkan kalau gugusan batu itu adalah semacam pendeteksi gempa yang rumit yang digunakan kaum Neolithic. Bahkan sampai teori bahwa gugusan batu itu adalah landasan pesawat terbang jaman dulu, sampai pesan ke angkasa dari daratan. Bahkan sampai sekarang masih belum jelas kenapa batuan itu tertata begitu rapi seperti itu dan dengan tujuan apa sebenernya.



0 komentar: