Tuesday 30 December 2014

Beri Komentar Kamu..

Pendaratan Neil Amstrong di Bulan, Rekayasa ?


Pernah dengar gak, nama Neil Amstrong sama Edwin Buzz Aldrin yang diklaim sebagai orang yang pertama kali mendarat di Bulan pada 21 Juli 1969 dari NASA. Sejak itu sejarah mencatat kedua nama orang itu dan sampai ke berbagai penjuru dunia bahwa nama Neil Amstrong sebagai orang yang menginjakkan kaki di Bulan dan terkenal banget. Tapi ternyata, kalau dilihat dari analogi di zaman modern sekarang kok banyak banget kejanggalan tentang misi Apollo 11 itu. Bill Kaysing dalam bukunya : We Never Went To The Moon, pada tahun 1974 mulai menjadi awal teori Konspirasi tentang Apollo 11 itu.

Tapi bukannya asal nuduh aja dan nggak ada bukti, ada buktinya dari menyelidiki tentang foto-foto yang dipublish tentang pendaratan itu. Kaysing mengatakan dalam bukunya tentang keanehan-keanehan foto mulai dari bendera yang berkibar, jejak sepatu, bayangan dari cahaya, sampai refleksi dari helm Amstrong yang mengindikasikan hal yang kayaknya gak mungkin ada di Bulan pada saat itu.

Hal sejenis seperti itu mulai diiyakan beberapa pihak pengamat yang menduga bahwa perseteruan antara Amerika dan Rusia (Uni Soviet) yang menjadi penyebabnya. Di Soviet, mereka juga punya Luna yang bertugas menyelidiki Bulan seperti Apollo. Nah persaingan ini yang memang saat itu membuat Soviet ketar-ketir karena mereka cuma bisa mendaratkan pesawat tanpa awak di sana. Efeknya memang terasa bagi Soviet karena para penyedia dana akhirnya menarik diri karena ada yang lebih menjanjikan, dan hampir membuat bangkrut karena dana yang dikeluarkan juga gak sedikit. 

Nah, apapun itu, coba kita selidiki dulu bener gak sih Amstrong sama Buzz Aldrin beneran menginjakkan kaki mereka di Bulan seperti sejarah yang kita tahu sampai kemarin, atau cuma sekedar konspirasi dengan tujuan tertentu ?


Gak ada satupun bintang di angkasa yang tertangkap kamera, gimana coba ? bukannya kalau malam hari seharusnya ada bintang yang jauh lebih kelihatan disana daripada di Bumi karena gak ketutup sama awan ?


Bayangan yang mengarah gak searah, bukannya itu udah jadi teori fisika kalau bayangan itu akan mengarah searah dengan lajunya cahaya ? Apa mungkin karena teori fisika biasa cuma bisa diterapkan di Bumi, dan di Bulan enggak ?


Jejak kaki Buzz Aldrin yang terbentuk sempurna, tapi katanya permukaan bulan itu batuan kasar, tapi kok itu kelihatan kayak jejak yang ada pas di pantai. Dan lagi kalo dipikir baik-baik kan bukannya gravitasi bulan itu 6 kali lebih kecil dari Bumi ? Jadi untuk memungkinkan tekanan untuk jejak sesempurna itu kayaknya agak kurang wajar deh.


Bendera berkibar di Bulan ? Lalu anginnya dapet darimana ? bukannya disana itu gak ada angin, kok bisa-bisanya bendera berkibar kayak gitu ? Meskipun itu langsung dibantah oleh NASA karena katanya bendera itu sengaja dibuat agar terlihat seperti berkibar biar kelihatan heroik dengan memasang tiang dan penyangga di bagian atasnya.

aulishite-1.jpg?zoom=1.5&resize=600%2C70

Background yang sama ? padahal NASA sendiri mengungkapkan kalau kedua foto itu diambil di 2 tempat yang berbeda. Nah, kenapa kalau dicocokin gitu hasilnya sama, cuma ground nya beda ?


Objek yang mestinya gelap kenapa terlihat begitu jelas saat itu ? NASA meyakinkan karena menggunakan kamera yang sudah disetting khusus untuk karakteristik di Bulan. Tapi beneran di zaman segitu udah ada kamera yang secanggih itu ? 1969 lohhhh..


Batu yang ada huruf "C" nya, kenapa bisa ada huruf C disitu ? kan makin menguatkan aja persepsi para kaum pecinta teori konspirasi.

Tapi, meskipun begitu kita tetap bangga sebagai umat manusia karena NASA itu. Entah beneran konspirasi atau beneran ke Bulan sana. Yang pasti efeknya memang bagus buat kelanjutan kecintaan terhadap dunia Antariksa. Lagipula Amerika juga gak cuma meluncurkan Apollo 11 yang berawak 2 orang ke Bulan, ada juga Apollo 12, 13, 14 dan seterusnya sampai tahun 1972 yang akhirnya dihentikan karena pergantian, resesi pemerintahan dan pengurangan budget. 

Berharap aja biar kita bisa lebih maju buat dunia Antariksa, khususnya baut Indonesia tercinta biar kagak ketinggalan mulu.




0 komentar: