Friday 19 September 2014

Beri Komentar Kamu..

Hal Yang Kamu Alami Saat Remaja

Masa remaja yang katanya itu masa yang paling indah, apalagi kata Om Chrisye (alm) yang nyebutin di lagunya kalo masa-masa paling indah, masa-masa di sekolah.
Nah, sekolah itu kan kebanyakan dialami sama yang namanya remaja itu. Mulai dari SMP, sampe SMA.

Lalu, apa sih sebenernya remaja itu ?

Remaja, atau teenager adalah masa dimana manusia sedang mangalami masa saat usianya belasan. Biasanya dimulai saat usia 13 sampe 19. Dan itu katanya masa dimana pubersitas baik cowok maupun cewek sedang dalam prosesnya.

Kalo kata psikolog si masa dimana emosionalnya sedang labil. Maksudnya saat manusia itu sedang menuju ke arah dewasa. 

Trus apa sih bedanya remaja sama dewasa ?

Kalo yang bedain sih yang pasti umurnya. Kalo udah sampe 20an ya bukan lagi teen-age, dan kalo dilihat dari kondisi mental dan cara pikir udah harus lebih matang. Tapi bukan berarti yang usia belasan belum dewasa, dan belum berarti juga yang udah nginjek 20an keatas juga udah dewasa. Katanya sih umur boleh tua, tapi tingkah masih kaya abg.

Trus hal apa aja sih yang sering dialami sama masa remaja ?

1. Falling in Love

Wajar dong kalo yang namanya orang pasti pernah suka sama sesuatu, apalagi sama seseorang. Nah, biasanya tanda orang kalo nginjek remaja ada yang namanya ketertarikan sama lawan jenis. Kalo ada yang sama sesamanya mending gak usah dilanjutin baca.

Biasanya sih cowok suka sama cewek yang cantik, manis, bersih, atau ada juga yang suka cewek karena dia asik, perhatian, dan pinter, dan lain-sebagainya.

Nah kalo cewek lebih banyak yang suka cowok karena dia ganteng, tajir, gagah, populer, pinter, dan ada juga yang suka karena si cowok itu gombalin terus-terusan sampe dia luluh juga. Dan lain sebanyak-banyaknya.

Jadi kalo kamu lagi nginjek masa ini, siap-siap aja deh sama hal yang indah yang satu ini.

2. Broken Heart

Nah, nambah lagi kalo ada yang namanya suka harus ada yang namanya kecewa. Jangan cuma nganggep kalo jatuh cinta itu pasti manis hasilnya, belum tentu. Ada yang patah hati karena cintanya gak diterima, gak direstui, gak nyampe, dan ada juga yang patah hati karena cintanya udah diterima tapi yang nerima kok gak seperti yang dia harapin.

Tapi emang mesti siap patah hati kalo udah berani jatuh cinta, itu emang udah jadi resiko yang gak bisa jauh dan saling terhubung.

3. Sering Marah

Satu lagi hal yang bakal sering dialami remaja, yaitu sering marah-marah. Ada yang marah secara triak-triak, ada yang marah nggak ngomong tapi mbanting sesuatu, ada juga yang marah gak ngomong gak banting ini-itu tapi cuma dipendem dalam hati.

Itu tergantung dari kondisi mental si orang itu sendiri.

Tapi kenapa sih bisa jadi sering marah ?

Emang hormonnya itu yang sebabin jadi sering marah, emosinya sering naik turun. Remaja itu biasanya gampang banget terbawa suasana, bisa jadi saat lagi seneng itu seneng banget, saat lagi sedih itu sedih banget dan sebagainya. Karena kebanyakan emosinya masih labil dan gampang bbanget berubah.

Hal ini secara nggak langsung diakibatkan sama kondisi lingkungan, pergaulan, apa yang dia lihat, apa yang dia denger, dan apa aja hal yang masuk ke persepsinya dia.

4. Dunia Itu Aku

Itu juga hal yang kebanyakan dialami remaja, nanti kamu akan merasakan kalo dunia itu berpusat sama kamu. Segala sesuatu harus nurut sama kamu, apapun itu. Baik pacar kamu, baik itu orang-orang disekitar kamu, bahkan kondisi lingkungan aja pengin agar mereka nurut sama kamu.

Hal yang kayak gini emang sering membawa hal negatif, soalnya kita mesti sadar kalo dunia itu luas, dengan beragam orang, dan dengan beragam kepribadian dan keinginan. Kalo misalnya semua orang kayak gitu sikapnya ?

5. Memaksakan Kehendak

" Pokoknya ini harus jadi kayak gini, dan itu mesti hasilnya kayak gitu !!". Yang kayak gini ini yang sering nyusahin orang sabar. Apalagi yang lagi pacaran, ya kalo salah satunya ada yang mau ngalah, kalo enggak ?

6. Dunia Baru

Saat remaja kebanyakan ingin dari mereka menjelajah ke dunia baru, dunia yang cuma ada di angan-angan mereka atau malahan dunia yang bener-bener belum pernah mereka tahu. Hal ini juga tergantung dimana dia hidup, bisa mulai dari dunia malam, dunia minuman keras, dunia free sex, dunia kriminal, bahkan dunia ghaib.

Rasa ingin tahu itu, kalo gak tahu kalo itu salah benernya  yang nantinya negatif.

Nah kesimpulannya, manusia itu katanya mengalami empat fase dalam hidupnya kalo dia nyampe. Yang pertama, fase kanak-kanak, lalu fase Labil atau remaja, yang ketiga fase matang atau dewasa, dan terakhir fase bijaksana.

Tapi yang namanya remaja emang harus banyak belajar dari beberapa hal diatas, pasti akan ada sesuatu yang berharga dari jatuh cinta, dari patah hati, dari kecewa, dari depresi, dari sadar kalo dunia itu bukan tentang dia dan dia aja, dan sadar mana hal yang baik-buruk dan mana yang perlu dan mana yang gimana, dan mana yang gimana.

Saat berhasil melewati itu dan menyikapinya dengan positif, maka dia akan jadi orang dewasa yang dewasa. Bahkan sampe ke fase bijak meski usianya baru sedikit.

Itsna Bahauddien

0 komentar: