Tuesday 23 September 2014

Beri Komentar Kamu..

Sistem Operasi Dasar X 2

SISTEM OPERASI DASAR II



Command Prompt
-          Cmd.exe adalah baris perintah penerjemah yang memungkinkan untuk memanfaatkan fitur yang tersedia untuk program asli Windows.
-          Cmd bisa di buka dengan start menu – accecories – command prompt.
-          Atau bisa langsung dengan windows + r lalu ketik cmd.
-          Pada windows 7 bisa langsung tekan windows lalu ketik cmd, karena fitur search bar yang ada pada start menu. 
Cmd memungkinkan juga untuk mengakses perintah yang terproteksi oleh user pada windows dengan cara masuk kedalam program asli windows tersebut.

Windows 7
-          Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi terbaru
Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Versi klien dari Windows 7 dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Oktober 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal oleh user account control (UAC).

-          Management Proses
-          Proses adalah sebuah program yang sedang dieksekusi.
-          Program adalah kumpulan instruksi yang ditulis ke dalam bahasa yang dimengerti sistem operasi.
-          Sebuah proses membutuhkan sejumlah sumber daya :
a.       CPU Time
b.      Memory Address
c.       Sistem File
d.      I/O Device


1.      Task Manager
Task manager merupakan fitur yang mengatur kegiatan yang berlangsung pada windows. Pada win 7 task manager dapat diakses dengan ctrl+alt+del.
a.       Applications
Tab Applications merupakan tampilan pertama yang dimunculkan ketika ketika memanggil Task Manager. Tampilan ini merupakan tampilan “live” dari kondisi sistem yang sedang berjalan. Status dari setiap kolom diatas menunjukkan apakah aplikasi tersebut “Running atau Not Responding”. Terdapat tiga tombol yang ada di tabulasi aplication : 
a. End Task : Menutup sebuah aplikasi atau proses 
b. Switch To : Mengganti antara aplikasi atau proses 
c. New Task : Memulai sebuah aplikasi dari sebuah dialog box yang terbuka ketika tombol tersebut ditekan. 
b.      Processes
Tabulasi ini akan menujukkan semua aktivitas proses termasuk sebuah tombol untuk menunjukkan semua proses dari semua user (Show Processes from all user) dan sebuah tombol End Process. Tabulasi ini juga menunjukkan kolom-kolom informasi tentang semua proses. Kolom-kolom itu adalah Image Name, CPU, Memory, dan Description Columns.
c.       Services
Tabulasi ini menunjukkan semua service yang sedang berjalan serta informasi tentang service tersebut (Description dan Group Information), dan apakah Status service tersebut “running” atau tidak. Tab ini juga bisa digunakan untuk memulai dan memberhentikan sebuah service.
d.      Performances
Berikut adalah informasi yang dimiliki tab ini : 
1. Total : Jumlah RAM fisik yang terpasang pada komputer (dalam MB) 
2. Cached : Jumlah RAM fisik yang digunakan oleh system 
3. Available : Jumlah memory bebas dan standby yang siap digunakan oleh program. 
4. Free : Jumlah memory RAM yang sedang tidak digunakan atau belum memiliki informasi yang digunakan 
Di dalam tabulasi ini terdapat juga tombol Resource Monitor. Didalam tabulasi ini juga teradapat grafik penggunaan CPU dan Memory.

e.       Networking
Tabulasi Networking menunjukkan grafik aktivitas jaringan, dimana kita bisa melihat utilitas jaringan yang sedang terkoneksi dengan komputer kita. Utilitasnya ini terbagi menjadi : bytes receive, bytes send, bytes total.
f.       Users
Tabulasi ini menunjukkan user siapa saja yang sedang terkoneksi. Dengan mengklik kanan salah satu user tersebut, kita dapat mematikan user yang sedang aktif.

2.      Management Memory
Memori adalah pusat dari operasi pada sistem komputer modern, berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.
-          Prosesnya,
-          CPU mengambil instruksi dari memory berdasarkan value dari program yang dijalankan. Instruksi ini menyebabkan penambahan muatan dari dan ke alamat memori tertentu, instruksi tersebut akan disimpan sementara dalam RAM sebelum diteruskan pada drive.
-          Sedangkan manajemen memori adalah suatu kegiatan untuk mengelola memori komputer. Proses ini menyediakan cara mengalokasikan memori untuk proses atas permintaan mereka, membebaskan untuk digunakan kembali ketika tidak lagi diperlukan serta menjaga alokasi ruang memori bagi proses.
-          Definisi
a.       Manajemen memori adalah Tugas yang paling penting dan paling kompleks dari sebuah sistem operasi.
b.      Memori adalah sumber daya komputer yang sangat penting, sehingga dikelola sangat hati-hati oleh sistem operasi. CPU berhubungan dengan waktu eksekusi (running time/CPU time), Memori berhubungan dengan ruang dan alamat ( space dan address).
c.       Memori sebagai pengingat dan penyimpan informasi yang berupa data dan program.
d.      Manajemen memori berkaitan dengan memori utama sebagai sumber daya yang harus dialokasikan dan dipakai bersama diantara sejumlah proses yang aktif.
e.       Manajemen memori berkaitan juga dengan usaha agar pemrogram atau proses tidak dibatasi oleh kapasitas memori fisik yang terdapat pada sistem komputer.

-          Macam management memory
a.      Management Memory Statis
Dengan pemartisian statis, jumlah, lokasi dan ukuran proses dimemori tidak beragam sepanjang waktu secara tetap.
b.      Management Memory Dinamis
Dengan pemartisian dinamis , jumlah, lokasi dan ukuran proses dimemori dapat beragam sepanjang waktu secara dinamis.
-          Fungsi Management Memory
1.      Mengelola informasi memory yang terpakai dan yang tidak terpakai
2.      Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
3.      Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai.
4.      Mengelola swapping antara memori utama dan disk.

-          Entitas Memory
1.      Used-RAM
RAM yang terpakai.
2.      Cached-RAM
RAM yang dipakai sebagai tempat simpan sementara untuk aplikasi jika dieksekusi  kembali.
3.      Free-RAM
RAM yang tidak terpakai.
4.      Swap
Memori tambahan menggunakan harddisk.

3.      Management File
Manajemen file dalam OS keluaran dari Microsoft Windows dapat dilakukan dengan memanfaatkan fungsi dan fasilitas yang ada pada file manager Windows Explorer.
1.      Menu
-          Menu berisi kumpulan fungsi yang ada pada tampilan graphical user interface (GUI). Dengan menu ini akan memudahkan kita melakukan operasi pada objek file maupun folder.
-          Pada windows 7, menu bar tidak muncul. Untuk memunculkannya ketika windows explorer sudah terbuka, kita harus menekan tombol alt pada keyboard. Maka munculah menu bar berupa menu file, edit, view, tools, dan help.
-          Jika menu yang terdapat pada menu bar tersebut di klik, maka akan keluar (menu pull-down) item-item menu lainnya yang menunjukkan fungsi lebih spesifik. Misalnya pada menu edit terdapat menu item seperti undo, redo, cut, copy, paste, paste shortcut, dan lainnya.
-          Menu-menu untuk mempermudah dalam pengelolaan ataupun perubahan file tersebut sebenarnya tidak hanya terdapat pada file manager windows explorer, melainkan pada aplikasi seperti internet explorer, microsoft office (word, excel, power point, dll), open office.org, adobe collection (photoshop, reader, dll) serta aplikasi lainnya

2.      Folder dan File
-          Folder adalah tempat disimpannya satu atau lebih file pada komputer. Dengan adanya folder dengan nama yang telah ditentukan sendiri yang berisi sekumpulan file diharapkan manajemen penyimpanan untuk data komputer dapat lebih teratur dan tidak berceceran, serta terlihat lebih rapid an dapat diakses dengan mudah.
-          File adalah elemen data pada penyimpanan sistem file. File identik dengan sebuah arsip atau catatan atau berkas yang disimpan dalam format digital pada komputer. Karakteristik file antara lain :
a.       Besaran yang digunakan untuk penyimpanan adalah bytes
b.      Memiliki kapasitas terbatas
c.       Tidak hilang saat komputer dimatikan karena disimpan dalam sistem penyimpanan yang tidak mudah hilang (permanen) Hard Drive Disc.
d.      Tersimpan dalam sebuah direktori (ruang atau space pada sistem penyimpanan komputer).
e.       Memiliki sebuah nama.
-          Tipe Data File
-            Tipe data file pada komputer berfungsi untuk mendeskripsikan jenis file sehingga dapat di baca dan di akses oleh sistem komputer tanpa terjadi kesalahan pengalamatan.
-            Dapat berupa file image (gambar), audio (suara), audio-video (suara dan gambar hidup), text, file program, dan sebagainya yang dituliskan dengan 3 digit abjad yang berupa singkatan dari ekstensi file tersebut dan dibatasi dengan sebuah titik/dot (.). (.txt, .avi, .doc, .pdf, .mp3, .mp4, .3gp, dsb.)


-          Operasi File dan Folder
a.       Copy and Paste
b.      Drag and Drop
c.       Rename
d.      Delete

4.      Feature Windows 7
1.      Action Center
Memungkinkan kita mengatur alert atau peringatan apa saja yang Windows 7 boleh di tampilkan, sangat berguna untuk mengontrol UAC Messages yang memang tidak bisa didisable secara permanen.
2.      Snap, Shake, and Peek
3.      Windows Search
Ini merupakan fitur instan untuk mengidentifikasi lokasi dan membuka file apa pun pada personal komputer dari menu Start dengan mengetik satu atau dua kalimat. Sistem ini juga memiliki fitur Visual Search untuk meningkatkan hasil pencarian gambar atau preview
4.      Aero Glasses
Fitur dari windows 7 yang membuat tampilan menu bisa terlihat transparan.
5.      Change Windows Tab
Fitur ini memungkinkan untuk berganti jendela tanpa harus menggerakkan mouse, dengan cara alt+tab, atau windows+tab.

Dan masih banyak lagi fitur dari windows 7.

0 komentar: