Saturday 20 September 2014

Beri Komentar Kamu..

Kenapa Film Indonesia Gak Banyak Yang Bagus ?

Film di Indonesia emang udah berkembang jauh lebih dari cukup untuk dibilang banyak, dan karena saking banyaknya itulah jadi ada banyak kritik dan tanggapan dari penikmatnya.

Sebelumnya mohon maaf, bukan bermaksud untuk menjelekan atau memihak ke luar dulu.

Tapi emang kualitas dari film di Indonesia masih agak kalah sama kualitas di negara lain.

Bukan berarti jelek, tapi emang kurang bagus dan buktinya kan belum banyak film dari negara kita yang nangkring di puncak box office dunia.

Tapi juga bukan berarti kalo tiap film yang dibuat di Hollywood apalagi Bollywood sono pasti bagus. Ada juga yang kurang, banyak malahan. Dan kalo menurut saya, kenapa kita cenderung menilai film dari sini lebih jelek dari mereka kemungkinannya karena yang laris itu yang bagus. Dan kita cuma nonton yang laris, sedangkan karena di Indonesia lebih deket, jadinya kita langsung lihat termasuk yang kagak larisnya.

Tapi tetep kalo ingin dunia perfilman di Indonesia sedikit maju, ada beberapa pandangan yang perlu diperhatikan dulu.

TEMA

Kalo yang satu ini sih kebanyakan tema yang diangkat itu udah bagus, ada yang tentang sosial, ada yang keagamaan, ada persahabatan, horor, cinta-cintaan bahkan udah mulai tuh masuk ke action.

Tapi tetep aja, kayaknya di Indonesia itu virus influence merebah banget, contohnya kalo lagi muncul tema cinta-cintaan semua film yang muncul temanya itu.

Kalo lagi musim horor, ya isinya horor, dan sebagainya. Jadi dari segi ke kreatifannya itu agak sedikit kurang.

BUDGET

Emang siapa aja kalo udah sampe ke tahap ini udah sensitif tuh. Tapi mungkin ada maksud sendiri kenapa film di Indonesia kelihatan banget ngirit budget, bisa jadi karena biarpun ngeluarin biaya mahal nanti filmnya gak laku di bioskop, dan lain sebagainya.

Tapi kayaknya bikin film gak harus ngeluarin budget gede kok kalo mau bagus.

Kayaknya jauh lebih penting ke alur crita sama penyajiannya aja biar gak bikin bete dan bosen, dan lagi tentang budget emang gak bisa dipungkiri perlunya. Cuma kalo terlalu ngirit banget, apalagi sampe ngarepin pendapatan yang tinggi itu...

ALUR

Alur cerita itu ibaratnya jalan yang mau dinikmati sama si penontonnya. Dan kebanyakan alur cerita di sini masih kebanyakan bertele-tele dan gak langsung to the point. Dan saat ada adegan yang kelihatannya seru, durasinya dilamain. Misalnya lagi memamerkan pencak silat, maka adegan kelahinya dilamain. Padahal kalo terlalu lama, apalagi terlalu banyak yang nonton bosen juga kan.

Dan lagi kalo misalnya film yang coba-coba dibikin biar gak gampang ditebak jadi kelihatan basi karena gak nyambung dari awalnya.


ARTIS

Kalo hal ini mungkin juga jadi penyebab kurangnya minat saat yang main artisnya kagak laku, kurang ganteng, kurang cantik dan sebagainya. Tapi kayaknya bukan hal itu deh, dulu pas awal jaman kebangkitan film nasional yang diawali sama mas Nicolas Saputra dan mba Dian Sastrowardoyo kayaknya setelah itu kalo film yang bawain mereka langsung laku.

Nah sekarang, artisnya agak kurang karena ya banyak malahan yang kurang bagus aktingnya.

Biarpun akting itu tergantung sama si sutradara yang ngatur cerita, trus yang mana dong yang salah ?

Pertanyaannya, apa bikin film pake artis baru biar mau dibayar murah, atau gimana ?

Tapi tetep aja itu terserah sama si penikmat filmnya. Bagus jeleknya itu juga tetep bukan saya yang menyimpulkan, apalagi judging.

Karena saya juga bukan seorang expert di bidang ini, cuma kasih suatu intermezo aja karena saya penikmat film. Dan sampe sekarang masih kurang minat sama film kalo dari lokal, bukan tentang gak cinta budaya atau gimana, atau gimana.

Tapi kalo emang bagus ya dimana aja pasti bagus.

0 komentar: