Thursday 5 November 2015

Beri Komentar Kamu..

Cara Biar Kita Selalu Dalam Positive Thinking Saat Kena Musibah


Kenapa kita mesti berpikiran positif ?

Jawabannya selalu punya banyak versi, tapi kesemua versinya pasti mengarah ke sesuatu yang bagus.  Tapi yang mesti kita pelajari dengan seksama adalah gimana caranya sih? katanya bahkan dalam keadaan sesulit apapun kita harus terus berpikiran positif. Tapi perlu tahu juga, kalo di dalam semua hal pasti ada yang namanya positif - negatif. Itu yang namanya Yin-Yang. Bahkan disaat anda melakukan kejahatanpun ada loh hal positifnya. 

Misalnya, Pas anda lagi bunuh seseorang. Kan hal yang gak baik tuh, nah hal yang gak baik bisa kita asumsikan sebagai hal negatif. Nah di negatif itu selalu ada positifnya. Ada hal positif dari mbunuh orang ? Ada kok. Misalnya pas dengan anda bunuh orang itu, hal positifnya jadi dunia ini berkurang satu orang yang bakalan buang sampah sembarangan dan mengotori bumi.

Tapi jangan juga dijadiin sebagai patokan. Mesti ditimbang dulu banyakan mana positif sama negatifnya dong. Kembali lagi ke positive thinking, kan pasti banyak orang baik itu guru, suhu, kyai, bahkan dukun sering bilang jangan terlalu banyak berpikiran negatif. 

Tapi, apa sih sebenernya positive thinking, trus gimana caranya sih ?

Oke, yang kita bahas dulu adalah manfaatnya.

1. Hati kita bakalan Damai

Kalo tiap hari kita selalu berpikiran positif, hati kita bakalan selalu dalam keadaan damai. kenapa ? karena pikiran negatif itu kalo bisa kita ibaratkan sebuah titik hitam, dan bening buat yang positif. Semakin banyak titik hitam, bakalan semakin hitam hati kita, tapi semakin banyak beningnya bakalan semakin baik. Karena sesuatu yang bening itu bisa dengan mudah diberi warna, coba bayangin kalo udah item diberi warna apapun pasti tetep gelap.

2. Bahagia

Kalo semakin banyak penderitaan dan kesedihan kan kayaknya banyak juga titik hitamnya.  Lain kalo kita berpikiran positif di setiap keadaan, pasti tetep bening kan. Nah kalo hati kita udah bening, artinya hati kita bakalan bahagia. 

3. Sukses

Ini nih cita-cita yang diidamkan lebih dari 80% umat manusia di dunia ini. Tapi gimana mau sukses coba kalo ppikirannya negatif mulu ? Nah dengan selalu berpikiran positif lah kita bisa sukses, beneran ? Iya dong beneran. Cobain deh pas anda lagi niat berusaha sesuatu, dan selalu takut, selalu minder, selalu pesimis. Bisa sukses dengan cara kayak gitu ?

Lalu gimana caranya biar kita selalu dalam positive thinking ?

1. Percaya

Tuhan gak bakalan memberikan sesuatu sama kita, apapun bentuknya itu tanpa manfaat apapun. Kita tinggal percaya aja pas lagi dirundung musibah, atau kesedihan pasti selalu ada sesuatu yang berguna. Baik buat pelajaran, maupun menuntun kita ke sebuah jalan yang gak bisa kita duga-duga. Itu Tuhan loh yang menentukan, bukan Presiden yang cuma isinya janji-janji doang dan sulit banget buat dipercaya.

2. Pelajari

Nah, setelah percaya sekarang tinggal pelajari apa sih yang bakalan kita dapet pas lagi kena musibah ? Misalnya, suatu saat anda terkena musibah kecopetan. Nah sesuatu yang positif dari hal itu adalah biar anda lebih hati-hati suatu saat nanti. Misalnya pas kecopetan anda kehilangan duit 1 juta, bisa jadi nanti pas lagi bawa duit 10 juta atau lebih anda bakalan lebih hati-hati. Itu kalo bisa berpikir positif, kalo enggak ya bakalan ngedumel terus-terusan gak abis-abiss.

Terus, satu lagi misalnya anda lagi kena musibah diputusin pacar atau malahan diselingkuhin sama orang yang anda cintai. Kalo bisa dipelajari, berarti anda harus lebih banyak belajar tentang kenapa si doi bisa kayak gitu. Apakah anda yang emang kurang baik, atau kurang jago di suatu tempat. Nah hal itu yang bisa jadi pelajaran berharga suatu saat nanti anda punya kesempatan kedua.

Jadi, gak bakalan lagi deh ditinggal atau malahan diselingkuhin.

3. Pasti ada akhir

Nah, yang selanjutnya adalah. Sesulit apapun kondisi kita, seberat apapun musibah yang menimpa kita pasti gak bakalan selamanya. Percaya deh, kalo segala sesuatu yang dimulai pasti bakalan berakhir. Kalo kita bisa coba berpikiran positif misal pas anda lagi ditimpa musibah disuruh ikutan rapat bareng sama orang-orang dengan muka super nyebelin. Gak bakalan selamanya kan anda rapat ?

Atau, misalnya anda lagi menderita sakit yang parah banget. Percaya deh penyakit itu gak bakalan selamanya membuat anda menderita. Dan pastinya pasti bakalan berakhir. Entah selama apapun itu, pasti berakhir. Meskipun berakhir itu artinya yaa... akhir.

4. Cuek

Sekali lagi ini adalah jurus terjitu dari segala jurus yang pernah ada. Dan pasti bermanfaat dan hampir 97,6% berhasil. Saat anda dirudung masalah atau musibah yang mendalam, anda bisa cuek dan everything is gonna be ok. Tapi bener gak sih ?

Kenapa gak bener ? Saat kita terkena musibah, yang membuatnya menjadi musibah adalah otak dan pikiran kita sendiri kok. Misalnya, suatu hari anda ketemu sama mantan yang udah jalan sama orang lain. Itu adalah musibah. Tapi bukan sebuah musibah kok buat mantan anda, iya kan ? kalo terus-terusan dipikirin, bakalan buat anda sakit hati. Tapi kalo bisa cuek, ya gak bakalan ada yang sakit hati. Bener gak ?

Masih belum mudeng juga ? Nih satu misal lagi, Anda tiba-tiba dimarahi sama guru, dosen atau seekor bos karena anda telat. Itu juga suatu musibah, kalo terus dipikirin, anda bakalan badmood saat itu juga, dan merasa ini itu setelahnya. Tapi kalo cuek, hari anda tetep berlalu seperti biasanya, malahan mungkin bisa lebih fun kok.


Gak Cuma Sekali

0 komentar: