Sunday 26 January 2014

Beri Komentar Kamu..

ARTIS 'NYALEG' ? Boleh Juga Tuh

Pernah gak anda bayangin kalo yang mengatur pemerintahan itu para artis ? Parto jadi Presiden, Andre wakilnya, trus si Sule jadi ketua MPR, Azis jadi ketua DPR, Nunung jadi ketua KPK.
Kok malah jadi bahas ovj sih ? bukan kok, tapi gimana yah jadinya kalo emang beneran. Emang kayaknya gak mungkin sih, tapi ya enggak menampik kemungkinan juga. Soalnya kan sekarang lagi gencar-gencarnya para artis mau coba masuk ke ranah politik di Indonesia. Tapi sumpah kalo saya yang bayangin negara kita itu pemerintahannya artis semua, kayaknya bakalan ada deh menteri kegosipan.
Tapi keluar dari itu, sebenernya gimana sih menurut elo kalo artis jadi anggota pemerintahan ?


Kalo saya pribadi sih, ya boleh aja asal mereka emang mumpuni dan sanggup mensejahterakan rakyat. Beneran, diluar negeri sono juga banyak kok orang dari kalangan artis yang jadi wakil rakyat. Enggak deeng, saya cuma pernah tahu satu-satunya ya om Arnold Schwarzenegger yang pernah jadi Gubernur California dari 2003 sampe 2011. Lainnya kayaknya gak banyak yang tahu loh. Tapi hebat kan, siapa coba orang jahat yang mau berani nyerang California ? yang mimpin aja mantan Terminator. Hahaa..
Tapi di Indonesia, ada banyak loh artis yang pernah, bahkan masih sampe sekarang duduk di kursi pemerintahan. Bayangin aja, mulai dari Si Doel (Rano Karno), Jaka Sembung (Diki Candra), Dede Yusuf, itu beberapa pemeran film action (si Doel action mananya ?) trus dari kalangan penyanyi, ada Tere trus sapa lagi yah ? pokoknya banyak deh. Oneng (Rieke DP), Bang Bajuri suaminya oneng juga (Mat Solar), Angelina Sondakh, Adji Massaid (alm.) bahkan nyampe Eko Patrio, wah saking banyaknya saya jadi lupa (padahal bingung). Sebenernya kredible gak sih mereka ? Trus kenapa sih banyak banget artis yang mau terjun kesitu ?

Duit ?
Kayaknya kalo alasannya duit saya agak kurang percaya loh. Kenapa ? soalnya artis itu kan mereka dari kalangan orang yang punya duit banyak. Kenapa malah jadi wakil rakyat yang duitnya cuma segitu (?). Mungkin sih enggak salah juga, karena meski dibandingin sama jadi artis yang duitnya lebih gede tapi kan jadi artis gak selamanya laku. Penghasilannya juga kagak tentu kan, beda kalo jadi wakil rakyat, udah tiap bulan dapet gaji, ada tunjangan ini itu, bahkan katanya kalo dateng rapat juga dapet uang saku biarpun disono cuma duduk, tiduran, malah ada yang sampe buka video b***p. Jadi bisa kita asumsikan kalo artis yang mau jadi wakil rakyat itu karena mereka udah mulai kagak laku dan penghasilannya lagi berkurang. Tapi kayaknya teori itu agak kurang juga deh, buktinya Eko Patrio kan pas jadi anggota DPR juga pas dia lagi lumayan ngetop di tv, Andre Taulani kan juga lagi ngetop-ngetopnya di ovj saat 'nyalon' jadi Wakil Walikota Tangeran Selatan. Jadi teori artis nyaleg karena duit, belum tentu bener loh.

Nama ?
Apalagi nama, kan mereka emang udah artis dan banyak dikenal masyarakat. Buat apa mereka nyaleg karena pengin punya nama sama popularitas, dulu pas lahir dikasih nama kagak sih sama ortunya. (just kiddin'). Tapi mungkin juga sih, karena mereka ingin dikenal sebagai artis yang berpendidikan dan bisa berguna buat rakyat.

Cita-cita ?
Kayaknya emang bener ada beberapa artis yang dari dulu punya cita-cita jadi menteri, atau pejabat, atau bahkan Presiden. Beneran ? kayaknya enggak deh, elo aja dulu pas kecil apa cita-cita lo ? Jadi Dokter, Polisi, Pilot, Guru ? tercapai nggak ? Sama aja kayak saya, cita-cita itu didapat setelah kita tumbuh dewasa dan mampu berpikiran realistis. Emang sih gak semua gagal, ada juga beberapa yang emang berkemauan begitu keras dan punya dukungan sana-sini dan akhirnya bisa mewujudkan cita-citanya.
Trus masa' artis dulunya punya cita-cita mau jadi pejabat. Kayaknya enggak deh, meskipun mungkin ada beberapa. Kayaknya mereka bisa punya pikiran mau 'nyaleg' karena pas lagi nonton berita di tv lihat wakil rakyat lagi pada rapat, trus bisa ngelakuin ini-itu, nyampe korupsi segala macem akhirnya si artis ini kepincut dan punya pemikiran "kayaknya enak juga tuh kalo gue bisa jadi pejabat...".

Rakyat ?
Nah kalo mendengar kata rakyat, yang pertama kali terlintas dibenak saya adalah orang-orang dengan ekonomi menengah kebawah. Meskipun mereka juga rakyat, tapi saya tegaskan sekali lagi rakyat itu bukan cuma kalangan orang-orang miskin. Rakyat itu adalah kumpulan orang-orang yang tinggal dan diakui di suatu tempat. Jadi kalo rakyat Indonesia ya artinya semua orang yang WNI (simple amat ?).
Kembali lagi, jadi benerkah alasan artis yang 'nyaleg' itu karena rakyat ? mungkin juga saya bisa salah kali ini. Tapi, mereka kan emang pada dasarnya public figure, yang emang kerjanya menghibur masyarakat baik live maupun die, di tv maksudnya. Jadi dari awalnya mereka emang udah melayani rakyat, jadi mungkin para artis ini punya niatan baik pengin melayani rakyat secara langsung lewat jadi wakil rakyat itu. 
Siapa sih yang nantinya dilayani sama artis yang jadi wakil rakyat ini ? Yang pertama ya jelas keluarganya lah, orang-orang deket, sama kalo bisa sanak familinya dijadiin juga wakil rakyat. Kan tadi sudah saya sebutkan, kalo rakyat itu seluruh WNI, kan keluarga pejabat juga WNI jadi mereka juga rakyat dong.

Dan Lain-lain ?
Sebelumnya saya mohon maaf kalo ada yang merasa tersinggung atau terbebani, tapi saya punya satu pendapat dari hasil kajian ilmiah saya sendiri. Kalo alasan kenapa artis berbondong-bongong maju jadi 'caleg' itu karena adanya faktor x. Apaan sih ? berbelit-belit amat. Oke, pertama, artis itu kan orang yang emang udah terkenal. Jadi kalo mereka 'nyaleg' udah gak perlu lagi memperkenalkan diri, dan pamornya juga ada yang disukai banyak orang kan. Lalu siapa sih yang diuntungkan juga ? Atau beneran gak sih Artis itu emang beneran berminat jadi 'caleg' ? apa karena ada dorongan lain ? 
Kalo teori saya bener, itu sih ulah si Partai Politik aja biar partainya jadi laku. Biar pamor partainya itu naik karena misalnya aja, elo pernah nggak ikutan kampanye di alun-alun atau di lapangan. Kan mereka mesti nyewa artis buat hiburan. Gimana kalo malah artisnya langsung yang kampanye, sekaligus menghibur. Bang Haji Rhoma aja misalnya, sekalian mengkampanyekan dirinya sendiri sambil konser. Kalo konsernya gratis, saya jamin banyak deh yang dateng. Ntar malah kalo dia jadi Presiden kan bisa dangdutan tiap hari di Istana Merdeka. Yang gak kalah cantik sih pastinya ada mantannya Bang Haji, Angel Lelga. Wuidiih dia kan sexy banget. Bangganya punya wakil rakyat yang sexy. Trus ada mantannya Pasha ungu juga tuh, yang gak kalah cantik. Dan bahkan di Jatim sono ana Arzeti yang seorang model profesional. 
Bahkan sekarang ini ada juga Hary Tanoe, yang 'nyalon' jadi Wapres bareng Wiranto. Ntar kalo mereka yang jadi, kayaknya ada harapan buat kemajuan dunia entertainment di Indonesia loh. Tapi saya salut banget sama Pak Wiranto ini, juga sama Pak Prabowo. Mereka berdua itu adalah patriot sejati, soalnya gak ada kata menyerah dalam peperangan. Bayangin aja 3 kali ini bro mereka mau 'nyalon'. Sebelumnya sama-sama jadi Capres, trus gagal. Keduanya jadi Cawapres, gagal juga. Dan sekarang mungkin karena sudah terbiasa dibekali dengan tekad membara, mereka 'nyalon' lagi jadi Capres. Bener-bener perjuangan yang patut di banggakan dari para Jendral Indonesia. Dan dari kubu si kuning juga hebat tuh, dari keturunan pegawai negeri yang sering dikumandangkan sama Bang Iwan. Oemar Bakrie kan udah banyak ciptakan menteri, tuh di salah satu petikan liriknya. Kayaknya semua calon Presiden kita itu emang orang-orang hebat deh.
Bangga dikit dong.

0 komentar: