Sunday 26 January 2014

Beri Komentar Kamu..

"Masyarakat Yang Memilih" bener gak sih ?

Masyarakat yang memilih, bener gak sih ?

Kan negara 'demokrasi' ya bener lah. Sebenernya apa sih demokrasi itu ? kok kayaknya keren bener kata-katanya. Bahkan kalo mau baut nama band, lumayan tuh. Setahu saya sih ya, demokrasi itu berasal dari dua suku kata yang kayaknya berasal dari Yunani sono. Demos yang artinya 'rakyat' dan Kratos yang artinya 'pemerintahan'. Jadi Demokrasi adalah pemerintahan yang serba rakyat. Dari, oleh, dan untuk rakyat. Tapi kok kayaknya agak terlalu gimana gitu yah, kata-katanya indah banget.

Udah berjalan gitu belum sih Indonesia sini ? udah kok, beneran udah. Nih beberapa bukti yang sudah diklarifikasi oleh saya sendiri.

Dari Rakyat
Kan Pemerintah juga dulunya rakyat, berarti udah bener dong kalo kratos-nya berasal dari rakyat. Biarpun anaknya Presiden kan juga rakyat Indonesia toh ? jadi, apanya yang salah.

Oleh Rakyat
Pemerintahan udah dilakukan oleh rakyat ? udah kok. Buktinya rakyat disuruh kerja bakti kalo ada acara 17an, kalo ada acara bersih-bersih desa, bersih-bersih kuburan. Dan kalo lagi ada rancangan undang-undang atau rencana peraturan juga rakyat yang menentukan. Contohnya gini, kalo Presiden mau bikin undang-undang tentang pernikahan, kan masyarakat yang menentukan mau mengikuti atau enggak. Trus kalo ada rencana kenaikan harga bbm, coba aja seluruh rakyat Indonesia atau paling enggak 50 persen aja setuju. Langsung deal deh tuh kenaikan bbm, tapi coba aja ada 100 rakyat Indonesia yang nodong Pak Presiden pake bambu runcing biar kenaikan bbm gak jadi. Masa iya Presiden mau nolak. Dia pasti mikir, "keamanan udah seketat gini aja masih ada 100 orang yang bisa nembus, bawa bambu lagi. Pasti profesional nih". Hehee.. (just kiddin')

Untuk Rakyat
Nah ini yang terakhir dan paling penting, kenapa paling penting ? karena yang terakhir itu adalah hal yang terpenting dalam hidup elo.
Semua hal yang dilakukan di pemerintahan Indonesia adalah ditujukan untuk rakyat. Apa sih yang ditujukan untuk rakyat ? ya gampang aja, apa sih yang selama ini elo dapet dari pemerintahan di Indonesia ? kan banyak banget tuh. Ada jalan, sekolah, ktp, sim, jembatan, lapangan bola, lapangan tenis, eh lapangan tenis enggak, ada subsidi bbm, ada gas, ada band, ada bantuan tunai, ada alun-alun, dan yang terpenting adalah ada yang namanya pemilu. Kan hebat banget tuh kita bisa milih siapa yang nantinya bakalan ngatur semua yang saya sebutin diatas.

Bayangin aja elo hidup di England sono, gak bakalan lo bisa milih siapa yang entar bakalan nggantiin jadi Queen of England. Kan yang bisa  menentukan itu adalah Pangeran William yang menikahi Kate Middleton, kagak mungkin rakyatnya yang milih siapa yang jadi ratu inggris. Karena belum tentu Pangeran William mau menikahinya, karena ratu inggris adalah istri pangeran inggris.
Jadi berbahagialah kamu yang punya hak pilih untuk menentukan siapa ratu indonesia. Tunggu dulu, bukan itu maksudnya. Maksudnya, berbahagialah kamu yang bisa memilih pemerintahan di Indonesia. Tapi sebenernya saya pengin tanya, bangga nggak sih kamu bisa milih itu ? kok kayaknya unhappy banget, malah jadi kayak terbebani gitu ? itu hal yang saya rasakan ketika saya mengamati banyak banget angka golput di Indonesia. Golput itu golongan putih, yang artinya orang yang gak mau memihak antara mereka yang berlawanan, yaitu merah, ijo, kuning, biru, udah kayak pelangi aja yah. Coba tambah ungu, pasti co cuiit beud deh.. hhahaha
lalu yang jadi permasalahan, kalo misalnya elo bangga beneran bisa punya hak buat milih pemerintah, bangga nggak sih lo sama orang yang lo pilih setelah mereka jadi ? soalnya saya lihat banyak banget orang demo sana-sini yang menghina pemerintahan Indonesia. Kan yang milih mereka juga, kenapa mereka juga sih yang protes ?
Kenapa? nyesel? emang sih, penyesalan itu selalu datang belakangan, karena kalo di awal itu namanya pendaftaran. hahaha...
Lagian elo mau-mau aja pas dikasih duit buat milih si 'caleg' itu, kan belum tentu dia yang elo pilih bener. Sebelumnya sih saya minta maaf sudah meragukan kredibilitas elo sebagai pemilih. Tapi gimana kalo kayak gini aja, biarin orang-orang yang pinter di bidang itu yang menentukan siapa yang bakalan jadi pemerintah. Kan ntar kalo jadinya nggak beres, kita bisa sepuasnya nyalahin mereka tanpa ada rasa bersalah.
Kalo enggak dibikin aja tes atau seleksi kayak mau daftar kerja, kan pastinya yang lolos yang berkualitas. 
Atau kita bisa tuh adain kejuaraan buat para calon pemerintah, biar yang juara satu bisa jadi Presiden atau diadain juga di tingkat Bupati, atau Gubernur. Kan yang jadi pastinya adalah yang the best diantara yang lainnya. Fair kan malah jadinya ?
(just kiddin')


















0 komentar: