Sunday 26 January 2014

Beri Komentar Kamu..

Siapa sih sebenernya yang salah ?

Sumpah bro, saya gak salah apa-apa. Enak aja nyalahin orang seenak itu. Pasti gitu kan kalo tiba-tiba ada masalah dan yang disalahkan adalah anda ? iya lah, wong saya juga gitu. Biarpun emang bener saya yang salah, paling enggak kasih pembelaan dikit dong. Jangan sampe pasrah begitu, cemen amat. Hahaha
Sebenernya yang mau saya bahas disini bukan saya atau anda yang menjadi permasalahannya. Gini, beberapa hari yang lalu saya liat berita di tv kan Jakarta sama beberapa kota di Indonesia lagi musim-musimnya banjir nih. Yang mau saya coba ungkap, sebenernya siapa sih yang patut disalahin dalam hal dan kondisi kayak gini. Kalo menurut elo gimana sob ?
Kalo mau jawaban yang instan dari hipotesis saya sebagai seorang yang coba jadi sedikit ilmiah, yang salah itu ya mereka yang ga bener.                             [PART 01]
(just kiddin')


Indonesia, adalah negara yang besar, bahkan kita punya banyak pulau ada sekitar 17 ribuan bro. Lengkapnya saya belum klarifikasi, dan ada 34 propinsi, gila aja. Sebanyak itu Propinsi yang ada dinegara kita, kita punya sekitar 60-an bahasa daerah, dengan 500-an dialek yang berbeda. Gila.... kagak ada negara lain didunia yang punya itu semua. Kekayaannya juga luar biasa, dari bahan tambang kayak bijih besi, minyak, aspal, oli, emas, tembaga, batu-batuan, dan tanamannya yang banyak banget, lautannya, trus satwa sama spesies langka yang cuma ada di Indonesia bro, hebat banget kan Indonesia kita.
Masalahnya, orangnya juga banyak. Ada sekitar 200juta-an jiwa yang hidup di sini. Emang sih, kalo misalnya 200 juta itu dibagi rata di 5 juta-an kilometer luas Indonesia dikurangi lautnya 3 juta km. Berarti kan per kilometer Indonesia muat sampe 100 orang, belum lagi kalo ditambah turis. Tapi masalah yang lebih intrik lagi adalah, kebanyakan dari penduduk itu hanya menghuni kota-kota besar kayak Jakarta, Bandung, Surabaya, Dan sebagainya. Akibatnya, ya bejibun gitu deh orangnya. Bayangin aja lo, tiap hari Jakarta macet, belum lagi ada banjir yang udah jadi langganan tiap tahun, ntar kalo ada musibah yang kagak keduga (amit-amit).

Macet
Siapa sih sebenernya yang bikin jalanan macet ? ya pengguna jalannya lah. Pemakai kendaraan bermotor pastinya dong, lebih khususnya lagi pengguna kendaraan gede. Iya dong, bayangin aja kalo sepeda motor kan bisa nyungsep-nyelap lewat trotoar, ato bisa lewat jalur busway. Mobil gede kan kagak bisa. 
Trus gimana cara ngatasinya dong ?
Gila aja, yang jadi Gubernur disitu kan udah beberapa kali ganti, aja masih belum kelar tuh urusan macet. Orang yang ahli dibidangnya aja kagak bisa, apalagi saya.
Trus, ngapain diomongin kalo saya kagak punya solusinya ?
Tenang aja, saya emang kagak punya solusinya, tapi saya punya pandangan yang menarik tentang kemacetan di ibukota ini. Langkah yang paling tepat untuk mengatasi kemacetan adalah mengurangi warga Jakarta yang bawa kendaraan bermotor, paling enggak menurut kalkulasi saya sekitar 70 persen ilang aja pasti udah damai dan sentosa tuh Jakarta. Gimana caranya ngurangin warga, kayak ngurangin diskon baju aja sampe 70 persen. Mau dibunuh satu-satu ? Gila yah ? ya gak mungkin lah, pindahin aja secara paksa mereka ke pulau yang masih sepi. Pulau di Indonesia kan ada ribuan gitu. (just kiddin')
Gini, jadi emang disini masih belum jelas sih yang punya wewenang buat ngatur lalu lintas di jakarta itu bener apa kagak. Soalnya, kayaknya jalan raya di Jakarta enggak sempit-sempit amat deh. Juga enggak sedikit gitu, kan banyak tuh jalan. Yang jadi masalah adalah, pengendara yang enggak mau ngalah. Kalo ada dikit aja celah, langsung deh disrobot biarpun jalannya lawan arah. Akibatnya, ya udah kalo misalnya kendaraan yang dibelakangnya ngikutin repot kan. Yah kalo cuma dua, tiga mobil sih gak masalah, masalahnya yang ngantri kan ada ribuan. Yah gak usah heran kalo macet. Padahal belum lama ini Jokowi udah bikin peraturan yang ngelarang pns buat bawa mobil, niatnya sih buat ngurangin jumlah kendaraan di jalan. Tapi wong wakilnya aja masih bawa mobil, trus kayaknya saya yakin gak mungkin seratus persen pns mau nurut deh.
Akhirnya siapa sih yang salah saat macet terjadi ?

Banjir ?
Kalo yang ini sih, saya to the point aja langsung deh. Yang salah itu Masyarakat, kenapa ? Waktu sd dulu masih inget kan pas diajarin sama Bu Guru penyebab banjir itu sampah yang menumpuk di aliran air, kurangnya daya resapan air, dan penebangan pohon. Tapi perlu saya tegaskan sekali lagi, bahwa semua pernyataan itu nggak berarti apa-apa karena penyebab utama banjir adalah air.
Lalu air itu kan dari hujan, hujan itu dari Tuhan. Mau nyalahin Tuhan ? Berani lo ?
Soalnya, Tuhan gak mungkin salah,kalo gak ada hujan elo juga pasti protes karena gak ada air. Filosofinya gini, coba aja elo bikin lubang seukuran paku di botol minuman ukuran 1liter. Trus lo isi tuh botol sama segelas air, paling gak sampe semenit airnya udah abis. Trus lo isi botol itu sama 10 gelas air, tapi terus menerus. Kalo gak sampe luber, jitak deh kepala gue. Tapi paling enggak air itu masih mengalir, meskipun sempet luber. Sekarang lo taruh serpihan-serpihan kertas didalem botol, macet gak airnya.
Artinya kan, botol itu adalah tempat kita, lubangnya adalah tempat air itu meresap dan mengalir, air dari gelas itu hujan, dan serpihan kertas itu sampah. Bayangin aja kalo serpihan kertasnya dibanyakin, gimana hasilnya. Trus gimana kalo lubangnya yang digedein.
Sayangnya permasalahan banjir di Jakarta enggak sesimple itu sih, cuma kalo kita mau berpikir sejenak. Kita bisa mulai dari hal yang paling sederhana. Yaitu taat. Buang sampah jangan sembarangan, bersihin aliran air, paling enggak kalo misalnya semua orang di Jakarta gak buang sampah di aliran air, saya yakin kok, misalnya banjir tetep terjadi, itu juga gak lama. Kalo misalnya masyarakatnya pada mau taat gak bikin pemukiman di pinggiran sungai, tertib, kan juga selain menjaga lingkungan juga gak begitu semrawut kan.
Pemerintahnya juga kurang tegas sih sebenernya, malah mungkin mereka juga jadi salah satu si pembuang sampah yang sembarangan.

to be continued...




















0 komentar: