Monday 13 October 2014

Beri Komentar Kamu..

Cara Simple Biar Gak Jadi Penakut


Kenapa kita takut sih?

Simple aja, namanya manusia pasti punya rasa takut kok. Jangankan kita, bahkan mereka yang serem aja punya.

Pokoknya asal sesuatu yang punya perasaan pasti punya rasa takut.

Tapi bukan cuma gitu sih sebenernya, biasanya manusia itu takut tentang sesuatu yang dia tahu tapi tidak mau tahu tentang itu.

Bukannya menghakimi atau sok tahu, tapi emang biasanya orang yang penakut itu egois dan jarang mau ngerti sama orang lain.

Rasa takut itu emang gak melulu tentang dunia per-hantu-an maupun per-setan-an aja kok. Bahkan ada beberapa yang malah takut sama hal yang banyak disukai orang. Yang biasa disebut phobia atau rasa takut berlebih pada sesuatu karena suatu hal atau trauma.

Takut Gagal, biasanya manusia punya rasa ini. Siapa juga yang mau gagal, bahkan saat kita ngerjain sesuatu dan berharap biar gagal, itu juga disebut berhasil kalo beneran gagal. Dan juga, wajar kok kalo takut gagal, bahkan malah gak wajar kalo enggak.

Cuma, kalo rasa takutnya berlebihan ya tetep aja kagak baik. Bahkan Tuhan aja nggak suka sama hal yang berlebihan, emang karena emang efeknya gak baik. 

Trus gimana nanggulanginya ?

Simple kok, anggep aja kalo kita gagal berarti ada kesempatan berikutnya buat hal itu. Kan kegagalan itu sukses yang tertunda, asal jangan nyerah. Rumus simplenya gini, gagal sekali = wajar, dua kali = biasa, tiga kali = jangan nyerah, empat, lima, enam, tujuh, delapan, sembilan kali = terusin terus, sepuluh kali ?
kebangetan...

Takut Gelap, ya kita punya mata kan ? jadinya kalo gak bisa lihat ya takut. Bayangin aja lagi sendirian di rumah tua, ujan plus petir, ditambah lagi mati lampu. Merinding gak ?
Apalagi kalo bener-bener kita gak bisa lihat apa-apa saat itu, haha.

Caranya gimana ?

Simple banget, cari lilin dong.

Bukan itu sih sebenernya. Masalahnya kembali lagi ke atas, jadi manusia itu takut sama hal yang dia tahu itu serem. Kalo dia tahu hal itu asik, mana mungkin dia takut.

Jadi sebenernya yang bikin dia takut itu mindsetnya dia sendiri kok. Misalnya, anda takut sama sesuatu hal, itu karena anda tahu itu menakutkan.

Saya kasih contoh, kalo anda hidup di pedesaan takut gak sama kerbau atau kambing yang bebas jalan-jalan di sawah ?

Belum tentu loh orang kota gak takut, tapi kalo dia udah tahu itu gak serem ya dia biasa
aja. Hal itu berlaku buat orang dari jaman prasejarah yang mampir ke masa depan dan lihat mobil sama pesawat terbang pasti dia lari terbirit-birit karena dikira makhluk gede yang larinya kenceng dan keras.

Rasa kayak gitu biasanya timbul karena udah terbiasa, jadi misalnya nih anda hidup di gua di pedalaman yang kagak ada siapa-siapa dan dipenuhi sama kaum dari jin dan sejenisnya. Karena udah biasa bergaul sama mereka, ya pasti biasa aja saat lihat pocong loncat-loncat apalagi kuntilanak yang lagi nyengir hihihihihi.

Tapi tetep aja, rasa takut itu gak sesimple yang kayak gituan, ada rasa takut yang masuk akal dan logika kayak takut sama guru pas lagi marah-marah, takut sama preman yang nodongin pistol di kepala, dan sebagainya.

Dan ada juga rasa takut yang gak bisa dijelasin dan karena itu suatu hal yang diluar nalar dan jangkauan akal manusia. Misalnya saat kita tiba-tiba terjerembab di dimensi atau dunia lain.

Dan rasa takut itu sebenernya berasal dari hati. Jadi biar gak jadi penakut buatlah hati kita kuat.

Gimana caranya ?

Bangga, jadi kalo misalnya anda itu bisa merasakan rasa takut yang luar biasa banggalah karena anda punya tingkat kepekaan yang sama kayak orang lain. Kalo anda bisa melihat atau merasakan hal yang diluar nalar, belum tentu semua orang bisa. Dan anda adalah salah satu diantara sedikit orang spesial yang bisa merasakan hal kayak gituan.

You're not alone, jadi saat anda merasa begitu takut misalnya karena ada ditempat serem salah satu hal biar gak merasa takut adalah percaya bahwa anda itu gak sendirian. Disekitar anda masih ada orang lain yang bisa membantu anda, menyelamatkan anda, dan menemani anda saat merasa takut.

Kalo hal itu gak cukup, percaya aja kalo ada Tuhan SWT yang gak pernah melewatkan sedikitpun pantauanNya dari kita. Jadi buat apa takut karena kita gak sendirian.

Bodoh amat, nah kalo ini sih jurus terakhir yang harus secepetnya dipelajari. Jadi bukannya ngajarin buat jadi orang yang acuh, tapi belajarlah memilah mana yang perlu jadi concern mana yang gak perlu begitu dipikirkan. Saat anda merasa begitu takut karena melihat, merasakan, atau mengalami hal yang menakutkan maka jangan terlalu dipikirkan. Maka, hal itu akan berlalu begitu aja kayak gak terjadi apa-apa.

Acuhin aja hal yang gak penting, dan fokus sama hal yang lebih penting itu kunci simple kan ?

Meskipun begitu, emang tetep ada banyak banget hal yang tetep gak bisa berlalu gitu aja saat kita merasa takut. Bahkan ada rasa takut yang emang gak bisa dihindari mau berusaha sekuat apapun. Dan perlu belajar lebih jauh lagi, biar hati kita kuat dan tahu akan sesuatu.

Rasa takut itu adalah hal yang kita tahu itu menakutkan, tapi kita gak tahu tentang semenakutkan apa hal itu. Misalnya lagi, anda lihat orang yang item, tinggi, gede, dan sangar yang marah-marah dan anda merasa takut. Anda gak akan merasa takut lagi saat tahu ternyata orang itu baik hati, dan sering ngelucu.

So, tetep belajar kuatkan hati dengan belajar lebih dalam tentang hal yang sering anda anggap takut. Anda gak sendirian kok, tetep biarpun gak ada orang atau siapapun selalu ada Tuhan SWT yang melindungi anda.

0 komentar: