Sunday 23 November 2014

Beri Komentar Kamu..

A Great Teacher is...

" A Great Teacher is When They Able to Make Dumb Student Become Smart Student." (IB : 2014)

Mungkin itu ucapan yang agak berlebihan. Tapi setuju kan ? kalo emang yang berperan penting dalam pengembangan siswa adalah seorang guru ?

Kita langsung aja lihat contoh di Indonesia, seberapa banyak anak SMA yang bisa berprestasi ? mungkin anda akan bilang, sedikit banget, atau mungkin malah gak ada. Tapi coba tanya ke orang-orang, seberapa banyak siswa yang nakal ? jawabannya mungkin akan sedikit terbalik.

Tapi jangan juga langsung judging kalo itu salah gurunya, karena belum tentu salah.

Lalu siapa sebenernya guru itu sih ?

Kalo di kamus besar bahasa jawa, ada istilah Guru, digugu lan ditiru. Yang artinya mungkin diperhatikan, dan dicontoh. Jadi kalo anda adalah seorang siswa, perhatikan baik-baik apa yang dilakukan, dan disampaikan sama guru anda, lalu contoh perilakunya.

Mungkin juga enggak salah sih, tapi jangan sampe lupa hal mendasar yang penting. Yaitu guru juga seorang manusia yang katanya tempatnya salah dan lupa.

Lalu guru yang hebat itu ?

Kalo ditanya tentang hebat, orang hebat adalah seseorang yang bisa melakukan sesuatu yang luar biasa atau bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa. Jadi guru yang hebat adalah beliau yang bisa membuat sesuatu yang hebat.
Bisa jadi karena dia itu super cerdas, super pinter, dan bisa mengatasi banyak permasalahan dan menghasilkan hasil akhir yang memuaskan.
Dan yang paling penting adalah beliau yang mampu bersikap bijaksana didalam segala kondisi terhadap segala situasi.

Ada orang yang seperti itu ?

Mungkin, atau mungkin juga enggak banyak.

Kalo disuruh ngajarin satu siswa secara private dan terus menerus sih kayaknya bisa, nah guru itu kan ngajarin puluhan, bahkan ratusan siswa dengan kondisi kecerdasan, sifat, dan mental yang juga berbagai macam ragamnya. Jadi kalo dibilang sulit, yah emang kayaknya sulit.

Maka dari itu di sebuah sekolahan ataupun institusi pendidikan selalu ada beberapa siswa yang "dumb" diantara beberapa siswa yang "smart".

Mungkin di beberapa tempat emang ada guru yang selalu mengeluh tentang kelakuan siswa-siswanya yang susah buat diajar. Atau ada yang hobinya marah-marah dan maki-maki siswa yang kalo diterangin kagak nyambung-nyambung. Kalo ada, menurut saya sendiri sih wajar kalo manusia itu memprotes sesuatu, atau tidak terima dengan sesuatu yang gak seperti dia mau.

Tapi mesti ingat juga kalo tugas dari guru adalah untuk mendidik, nah biasanya gimana cara mendidiknya itu yang akan menentukan seberapa suksesnya dia. Bukan cuma tentang mengembangkan siswa yang emang udah berbakat dari sononya, tapi gimana dia bisa membuat siswa yang gak bisa apa-apa, yang gak tahu apa-apa jadi siswa yang bisa, dan tahu tentang banyak hal, bahkan kalo bisa berprestasi.

Jadi guru itu pekerjaan yang paling sulit emang, dan banyak bahkan para guru yang mengakui hal itu. Yang lebih ironis lagi adalah para guru ditugaskan untuk mendidik moral anak bangsa dengan ketidak populerannya, sedangkan para artis yang jauh lebih populer yang malahan merusak moral anak bangsa.

Jadi, selalu ingat didalam hati anda kalo didunia ini prestasi seorang siswa ada karena jasa para gurunya. Meskipun banyak juga guru yang bejat, dan malahan merusak moral, bahkan sampai tindak kriminal. Tapi tanpa mereka, kita gak mungkin jadi siswa yang punya pengetahuan dan pendidikan.

0 komentar: